Judul : ETIKA BISNIS
SUATU KAJIAN NILAI DAN
MORAL DALAM BISNIS
Peneliti : Gustina
Tahun : 2008
REVIEW TUGAS KE 2ETIKA BISNIS
ETIKA BISNIS
SUATU KAJIAN NILAI DAN
MORAL DALAM BISNIS
Gustina
PENDAHULUAN
Norma moral
memiliki karakteristik yang berbeda dari berbagai norma lainnya yang ada dalam
masyarakat (Keraf, 1998). Pertama, norma moral berhubungan dengan hal-hal yang
diberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat dan kesejahteraan
personal dan kelompok.
Kedua, norma moral ini memiliki cirri unruk
didahulukan daripada kepentingan pribadi, artinya jika seseorang memiliki
kewajiban moral tertentu maka dia harus melaksanakannya walaupun terkadang
bertentangan dengan kepentingan pribadi karena hail ini berhubungan dengan
dampak kebaikan dan kesejahteraan yang akan terjadi dalam masyarakat yang ada
didekatnya.
Ketiga, norma moral diharapkan dapat dipatuhi oleh
semua orang karena kesadarannya, bukan karena menyangkut imbalan dan
keuntungan, bukan karena sanksi dan hukuman, tapi karena memang nilai-nilai
yang dikandung.
Keempat, norma moral tidak ditetapkan dan diputuskan oleh suatu badan tertentu,
tidak tertulis, tidak ditetapkan dan diubah oleh pemerintah melainkan merupakan
aturan yang tidak tertulis yang mengikat setiap orang yang ada dalam peradaban
masyarakat terebut.
Kelima, norma moral ini selalu melibatkan perasaan
khusus, yaitu perasaan moral (moral sense). Perasaan ini akan timbul bila
terjadi sebuah kesalahan yang dilakukan oleh dirinya sendiri atau melihat orang
lain berbuat salah.
II. TINJAUAN PUSTAKA
Etika dapat diartikan sebagai nilai-nilai dan
norma-norma moral dalam suatu masyarakat.
Etika umum adalah yang menyangkut hal-hal umum yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan etika khusus adalah penerapan
prinsip-prinsip dan norma moral dalam bidang-bidang tertentu.
Etika bisnis adalah penerapan etika dalam dunia bisnis. Etika bisnis mencakup
jenis kegiatan sebagai berikut:
a. Mempelajari
prinsip-prinsip etika umum kepada kasus atau praktek khusus dalam bisnis,
b. Etika
meta, mempelajari apakah norma moral yamh lazimnya diterapkan untuk menjelaskan
individu dan tindakan-tindakannya dapat diterapkan pada organisasi bisnis
c. Analisis
asumsi dari bisnis, karena bisnis berada pada system ekonomi tertentu maka
dipertanyakan moralitas system ekonomi tersebut secara umum, dan secara khusus,
misalnya system ekonomi Indonesia
d. Mempelajari
bidang-bidang ilmu yang berkiatan dengan bisnis, misalnya ekonomi, manajemen
dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah etika yang
memerlukan interaksi dengan bidang-bidang tersebut
e. Menjelaskan
tindakan-tindakan secara moral yang patut dipuji baik oleh individu dalam
bisnis atau oleh perusahaan (moral ideals)
Realita
Bisnis Saat ini
Kegiatan bisnis merupakan bagian
integral dari kehidupan masyarakat. Karena kegiatan bisnis adalah kegiatan
manusia seperti kegiatan yang dilakukan oleh manusia lainnya, maka kegiatan ini
dapat dinilai dari pandangan moral.
Peran
Etika dalam Bisnis
Sebelumnya ada beberapa alasan mengapa etika
itu penting bagi kegiaatan bisnis, antara lain:
a. Etika
seharusnya menjadi pedoman bagi semua kegiatan manusia, karena bisnis adalah
kegiatan masyarakat maka etika seharusnya menjadi pedoman dalam kegiatan bisnis
tersebut
b. Bahwa
aktifitas bisnis adalah sama dengan aktifitas masyarakat lainnya, tidakakan
dapat berlangsung kecuali para pelakunya mematuhi standard etika yang ada.
c. Pertimbnagan
etika konsisten dengan tujuan bisnis, khususnya tujuan untuk memaksimumkan
keuntungan.
Peranan etika itu dalam kegiatan bisnis antara lain
adalah:
a. Etika
harus menjadi pedoman dalam kegiatan masyarakat, karena itu seharusnya juga
menjadi pedoman bagi bisnis.
b. Etika
berperan sebagai penghubung pelaku bisnis.
c. Etika
juga berperan sebagai syarat utama untuk kelanggengan atau konsistensi
perusahaan.
Kesimpulan :
Sejarah mencatat, masyarakat yang
akan bertahan adalah masyarakat yang bisa hidup berdampingan secara damai.
Salah satu hal yang bisa mendamaikan ini adalah adanya nilai-nilai atau norma
dan etika dalam masyarakat itu yang saling menguntungkan bagi semua pihak. Demikian
pula halnya dengan kegiatan –kegiatan yang dilakukan masyarakt , termasuk
kegiatan bisnis menjadi suatu pedoman penting terjadinya kegiatan bisnis, tanpa
adanya etika bisnis yang baik, jelas dan bisa dipahami secara benar oleh semua
pelaku bisnis, niscaya kegiatan bisnis ini tidak akan berlangsung lama .
artinya keberlangsungan kegiatan itu juga bergantung pada cara penerapan etika
tersebut oleh pelaku bisnis yang terlibat, selalu berpihak pada yang kuat akan
berangsur-angsur hilang seiring dengan dilakukannya etika bisnis yang benar
oleh pelaku bisnis itu sendiri. Jika ada komitmen dari pelaku bisnis untuk
menerapkan etika itu secara kuat dan kokoh, mudah-mudahan tidak akan ada lagi
kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam masyarakat untuk kegiatan bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar