Senin, 06 Mei 2013

KEAHLIAN MANAJERIAL

         Pada tingkat manapun, manajer harus memiliki kemampuan untuk berhasil, termasuk kemampuan untuk bekerja didalam tim, kemampuan untuk membuat rencana dan melaksanakan rencana jangka panjang, keberanian mengambil resiko, dan keahlian interpersonal. sebaliknya, tidak semua level manajemen membutuhkan semua keahlian.

          Semua keahlian dalam manajemen ini secara mendasar dapat dibagi menjadi tiga,yaitu:

1. Keahlian Teknis(Tehnical Skill). Keahlian teknis merupakan kemampuan manusia untuk menggunakan prosedur,teknik,dan pengetahuan mengenai bidang khusus. Ahli bedah insinyur,musisi,akuntan,dan editor semuanya memiliki keterampilan teknis di bidang masing-masing.

2. Keahlian Interpersonal (Interpersonal Skill). Berarti kemampuan untuk bekerja sama,memahami,dan memotivasi orang lain sebagai individu atau dalam kelompok.

3. Keahlian Konseptual (Conceptual Skill). Keahlian konseptual mengacu pada kemampuan untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi.

keahlian ini sangat penting bagi manajemen puncak.Bahkan, kemampuan seorang manajer untuk naik ke puncak yang lebih tinggi lain juga tergantung pada kemampuannya untuk memahami peran kerja departemen lain seperti keuangan,marketing,personalia,dll.


      Opini:

   Pada tingkat manajemen harus memiliki kemampuan dan hasil yang ada dalam sumber daya manusianya,keahlian dalam bekerja dan berbisnis.

didalam keahlian manajerial terdapat beberapa keahlian dalam bidang manajemen secara mendasar yaitu:

-Keahlian teknis bahwa kemampuan manusia dalam menggunakan pengetahuan di bidang-bidang yang khusus.

-Keahlian interpersonal dalam diri manusia memiliki keahlian-keahlian yang luar biasa diantaranya berhubungan baik dengan manusia khususnya dalam dunia bekerja dan bisa memotivasi orang lain.

-Keahlian konseptual yang mengacu kepada kemampuan dalam mengkoordinasikan suatu aktivitas organisasinya yang sedang berjalan. 

Sumber: Buku Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar