Senin, 06 Mei 2013

PRINSIP MANAJEMEN PERUSAHAAN FAYOL

           Prinsip manajemen yang dituliskan bersifat universal, artinya prinsip-prinsip ini dapat diterpkan di dalam organisasi manapun, bukan hanya perusahaan saja, tetapi LSM atau bahkan organisasi RT.

1. Pembagian Kerja. merupakn spesialisasi yang dianggap perlu agar penggunaan tenaga kerja bisa efisien. Dalam sebuah kepanitian, misalnya, ada orang yang berperan menjadi ketua,sekretaris,bendahara,dan sebagainya.

2. Disiplin. Agar tujuan organisasi bisa tercapai, harus ada disiplin. Tidak ada bisnis yang bisa berjalan lancar bila tidak memiliki disipli. 

3. Gaji. Pemberian gaji harus adil bagi karyawan. Artinya, gaji yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan hidup, situasi ekonomi, serta kondisi perusahaan. Metode pemberian gaji juga harus dipikirkan, serta memberikan kepuasan semaksimal mungkin.

4. Keadilan. Pra karyawan akan memberikan kesetiaan bila pihak manajer juga bersikap adil dan baik pada karyawannya. Sebaliknya, jika manajer bersikap sewenang-wenang maka jangan harap para karyawan akan bertahan lama di organisasi. Mereka bisa langsung keluar dari perusahaan atau menuntut ke pengadilan bila kasusnya serius.

 Opini:

         Dalam prinsip manajemen  itu bersifat universal, mampu menerapkan dalam bidang organisasi-organisasi disebuah perusahaan. 

  Maka prinsip manajemennya, yaitu:

- Pembagian Kerja karena penggunaan tenaga kerja lebih efisien.

-Disiplin didalam perusahaan harus disiplin, karena salah satu kunci keberhasilan.

-Gaji, pemberian gaji harus adil bagi para karyawan yang sudah bekerja keras harus digaji yang sesuai dengan kemampuan perusahaan itu sendiri.

-Keadilan bahwa para karyawan akan memberikan kesetiaan dalam bekerja dan bila mana pihak manajer harus bersikap adil,bijaksana dan baik bagi para karyawannya.

Sumber: Buku Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar